Tutorial Tugas


iSpeech

HASIL YANG DIHARAPKAN

Pada akhir kegiatan Workshop, peserta diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut :

Seorang virtual coordinator harus memiliki kecakapan dalam mengelola pelatihan atau pembelajaran berbasis dunia maya menggunakan platform video conference. Merancang dari awal kegiatan hingga publikasi ke sosial media. Karena itu, inilah kecakapan minimal yang harus dimiliki oleh VC Indonesia :

A. Persiapan Kegiatan:

  1. Membuat flyer / poster digital untuk mengajak dunia luar bergabung. Tool yang dapat digunakan dalam membuat flyer digital sangatlah banyak, diantaranya Photoshop, Coreldraw, Canva, berbasis online seperti postermywall.com, bahkan bisa menggunakan aplikasi familiar seperti Ms. Word dan Powerpoint.
  2. Untuk mendukung flyer yang telah dibuat, VC harus punya kecakapan menulis narasi kegiatan, berisi pengetahuan awal tentang hal yang akan disampaikan, jadwal kegiatan serta informasi link platform video conference, room number dan password
  3. Jika kegiatannya terbatas pada kalangan tertentu, VC harus punya kecakapan melakukan rekrutmen secara online melalui google form, microsoft form atau zoho forms dan sebagainya

B. Implementasi Kegiatan

  • Melakukan kegiatan melalui video conference. Banyak platform yang dapat digunakan, seperti google hangouts, skype for bussiness, zoom. Namun Webex memiliki kekuatan gambar dan video yang stabil. Dengan webex dapat dibuat room pertemuan secara mandiri.
  • Membuat presensi kegiatan online sebagai dokumentasi peserta yang mengikuti kegiatan. Presensi dapat dibuat menggunakan google form atau microsoft form, namun jika ingin presensi yang bisa ditandatangani, zoho forms bisa dijadikan pilihan.
Tutorial Absensi dengan Google Form

Tutorial Absensi dengan Google Form
  • Untuk menshare form dengan link yang panjang, sebelumnya link tersebut diringkas terlebih dahulu, agar pemirsa bisa mengetik ulang. Link ringkas dibuat sesederhana mungkin dengan nama unik, menghindari menggunakan huruf kapital dan huruf kecil, karena link tersebut diketik ulang
    Tutorial membuat link singkat gg.gg/link-ringkas atau bit.ly/edit_link
Menyingkat link dari google form dengan layanan bit.ly

C. Dokumentasi Kegiatan

Kegiatan yang dilakukan harus didokumentasikan sebagai jejak digital edukasi 4.0. Karena itu VC harus punya kemampuan merekam layar kegiatan berlangsung. Dapat melalui tablet dengan menggunakan diantaranya DU Recorder atau V-Recorder atau di Laptop dengan menggunakan misalnya Camtasia, Screencast o Matic, FreeCam Recoder atau Faststone.

Tutorial Penggunaan Fastone
Tutorial Free Cam Recorder

Rekaman kegiatan tersebut diupload ke youtube agar dapat disimpan dan dipelajari kembali oleh pemirsa vicon

Tutorial Upload video ke Youtube

Tutorial Pembuatan QRCode

Pembuatan QRCode digunakan untuk membuat kode berupa gambar yang kemudian di scan/baca oleh QRCode Reader akan menghasilkan informasi pada QRCode. Berikut contoh QRCode

Hasil dari scan QRCode diatas adalah https://vct.smkn1klk.sch.id

Dalam pembuatan QRCode cukup menggunakan layanan online, pembuatannya tidak sulit dan memakan waktu cukup cepat. Berikut layanan penyedia QRCode online :